Kamis, 16 Juni 2011

CHAIRUL TANJUNG

CHAIRUL TANJUNG
Lahir Jakarta, 18 Juni 1962.
Lelaki keluarga Minang ini adalah
salah satu dari 7 org terkaya di dunia
yg berasal dari Indonesia.
Pemilik dan Pemegang Saham
Carrefour, TransTV, Trans7, Bank Mega, MegaLife,
Bandung SuperMall (sempat disebut Mall terluas di Asia Tenggara),
Trans Studio Bandung (Indoor Theme Park terbesar di Dunia),
Taman Wisata Terbesar di Indonesia bag Timur (dgn JK).
Bisa menambahkan info detilnya?

12 komentar:

  1. Chairul Tanjung Anak Singkong berkisah tentang perjalanan hidup Chairul Tanjung hingga mencapai sukses seperti saat ini. Perjalanan hidupnya cukup membuat orang lain termotivasi untuk tidak gampang menyerah.
    Chairul Tanjung yang kemudian disebut dengan CT, lahir dari pasangan Abdul Ghaffar Tanjung dan Halimah. Ayahnya berdarah Batak sedangkan ibunya seorang sunda. Ayahnya memiliki usaha percetakan yang kemudian dihentikan operasinya pada era presiden Soeharto sebab prinsipnya tidak sejalan dengan pemerintahan kala itu. Dari hal tersebut, kesulitan demi kesulitan dialami oleh keluarga CT. Rumah dijual, kemudian menyewa dan karena tidak kuat membayar sewa rumah, CT dan keluarganya terpaksa tinggal di kawasan kumuh Jakarta, Gang Abu, Batutulis kecamatan Gambir.
    Keadaan yang serba kesusahan tidak membuat kedua orang tua CT mengabaikan pendidikan anak-anaknya. Menurut mereka pendidikan setinggi-tingginya akan mengantar kepada kehidupan yang lebih baik. CT sendiri selepas SMA melanjutkan ke perguruan tinggi negeri yakni FKG UI dengan pertimbangan biaya yang lebih ringan daripada universitas swasta. Biaya untuk mengawali kuliah diperoleh dari uang penjualan kain halus milik ibunya. CT cukup mengagumi sosok seorang ibu. Menurutnya seseorang yang mau menghormati dan memuliakan ibunya akan mendapat dua surga, yakni di dunia dan kelak di akhirat.
    Di kampus CT berusaha untuk tidak menjadi beban kedua orang tuanya. Ia mulai berwirausaha dengan menjual fotokopi diktat kuliah. Usaha tersebut menghasilkan pendapatan yang lumayan. Bisnis CT tidak hanya itu, ia juga melakukan jual beli alat kedokteran hingga jual beli mobil bekas. Di tahun 1987 CT bisa mendirikan perusahaan.
    Pada tahun 1994 CT menikah dengan adik kelasnya di FKG-UI. Istrinya Anita Ratnasari adalah seorang keturunan jawa. Dari pernikahan tersebut mereka dikaruniai dua orang anak, putra dan putri. CT menyukai istrinya karena ketegasan dan ketegarannya, bahkan ia menyebut bahwa seorang istri adalah pilar rumah tangga.
    CT sukses di banyak usaha, di antaranya: Para Group, kemudian mengganti nama perusahaannya menjadi CT Corp. Secara umum CT Corp terdiri atas tiga perusahaan subholding yaitu Mega Corp, Trans Corp, dan CT Global Resources.Mega Corp adalah perusahaan induk untuk jasa keuangan yang melayani masyarakat di sektor perbankan, asuransi, pembiayaan, dan pasar modal. Trans Corp adalah perusahaan induk yang bergerak di bisnis media, gaya hidup, dan hiburan. Dalam perusahaan ini, terdapat dua stasiun TV, yaitu Trans TV dan Trans 7, portal berita Detik, dan perusahaan ritel Careefour. Selain itu juga ada perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan minuman, hotel, biro perjalanan, dan sejumlah department store yang menyediakan kebutuhan fashion merek terkenal dan high-end.
    Perjalanan sukses CT membuktikan bahwa kesuksesan dalam berwirausaha bukan sebab keturunan, akan tetapi hasil dari kerja keras yang tak mengenal menyerah.

    Sumber: http://id.shvoong.com/books/biography/2302850-chairul-tanjung-anak-singkong/#ixzz26nmhsrOj

    BalasHapus
  2. berani-beraninya kau minang pantek bilang chairul tanjung minang bau pantek..baca buku biografinya .dia itu batak sibolga..ga tau malu kau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Darimana pun asal bapak CT . Kita harus berbangga terhadap beliau. Karna beliau org sangat berintegritas. Dan beliau sangat tanggung jawab atas jabatan nya mentri ekonomi .. tdk musti kita saling berbangga dengan suku lain. Nyatanya setiap suku di indonesia ini selalu ada perwakilan terhadap pengaruh di negara ini..

      Hapus
    2. apid aja_jaga lah etitut anda,, jgan lah anda mencaci suatu suku atau ras, belumtentu anda lebih baik dari apa2 yg ada lontar kan,, nampak kan kalau anda adalah orang yg berkualitas,,

      Hapus
  3. klo ada yg ragu siapa CT, tanya aja sma karyawan CTcorp(PARAgroup) mereka tau, krn salah satu Branch Manager nya Para kebetulan orang batak yg bilang sama saya klo CT orang minang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah tanjung juga ada marga mandailing
      La wong dibukunya saja mengakui dia orang batak kok anda mengklaim gitu

      Hapus
    2. Wah tanjung juga ada marga mandailing
      La wong dibukunya saja mengakui dia orang batak kok anda mengklaim gitu

      Hapus
  4. Broo, Kalau dibukunya aja dia sudah mengaku keturunan Batak, kenapa anda memaksakan diri, itukan pengakuan dia sendiri. Parah loh. Nanti kau sebut lagi Jend. Faisal Tanjung dan Ir. Akbar Tanjung orang minang lagi, hahahahahah

    BalasHapus
  5. TANJUNG, itulah nama belakangku. Aku tidak tahu arti dari nama itu. Tapi yang kutahu banyak orang hebat di Negara ini yang memiliki nama Tanjung seperti Akbar Tanjung mantan ketua DPR RI periode 1999-2001, Chairul Tanjung (Si Anak Singkong) sang pemilik Trans Corp, dan banyak lagi yang lainnya. Saat dulu aku tanya ke ibuku asal dari nama Tanjung yang ada di namaku. Ibuku bilang kalau itu adalah nama suku dari Ibuku. Ibuku berasal dari suku Tanjung di Minangkabau Padang Pariaman Sumatera Barat. Sedangkan asal usul suku Tanjung menurut ibuku adalah suku yang berasal dari daerah Bukittinggi di Sumatera Barat yang merantau hingga tiba di Padang Pariaman. Tapi karena rasa keingintahuanku tentang suku tersebut. Akhirnya aku berselancar di dunia maya untuk mengetahui lebih rinci tentang suku ini. Dan aku mendapatkan beberapa teori.
    Teori yang pertama menyebutkan jika suku Tanjung adalah sebuah suku dari Marga Batak di sumatera utara. Atau yang biasa disebut marga Tanjung. Marga dari Akbar Tanjung dan Chairul Tanjung. Tapi banyak yg berpendapat jika tidak ada hubungannya antara Suku Tanjung di Minangkabau dengan Marga Tanjung di Marga Batak. Tapi menurut peneliti perlu penelitian lebih mendalam tentang keterkaitan tersebut.
    Teori yang kedua menyebutkan jika suku Tanjung adalah suku nelayan di daerah minangkabau yang hidup di ujung-ujung dataran yang menjorok ke laut atau yang biasa disebut Tanjung. Jadi mereka ini sebenarnya adalah orang pesisir atau orang laut, bukan orang pedalaman. Awalnya kehidupan mereka sangat bergantung pada laut. Tapi seiring berjalannya waktu mereka mulai meninggalkan pesisir dan mulai memasuki pedalaman dan menyebar ke seluruh wilayah Sumatera Barat, Riau, Jambi, Bengkulu, dan seperti kebanyakan orang minang mereka juga menyebar keseluruh daerah di Indonesia dari Aceh sampai Merauke. Ini bukan Cuma ungkapan karena saudara ibu saya ada yang sekarang tinggal di Merauke. Suatu kehormatan bagi saya bisa menyadang nama ini karena di keluarga saya Cuma saya yang membawa Tanjung dalam nama saya. Dan karena Syeikh Muhammad Amrullah Tuanku Abdullah Saleh, kakek dari Buya Hamka Sang Sastrawa hebat asal Minang juga berasal dari suku Tanjung. Dan suatu kehormatan bagi saya bisa memperkenalkan asal usul saya kepada kalian semua.

    BalasHapus
  6. baca ya bodat ! tanjung bukan cuma marga, disini juga ada suku !!!

    BalasHapus
  7. setau ku marga tanjung di daerah Sumatera Utara berasal dari suku tanjung yang ada di Sumatera Barat, mereka menyebar ke daerah sekitar dan merantau kemana saja, maka dari itu banyak pula orang minang yang menyebar di mana saja, bahkan di malaysia tepatnya di kota serembang malaysia 50 persen penduduk disana adalah orang minang. jadi jangan ngamuk ya, dan juga banyak orang penting diindonesia ini keturunan minang, dan soal perdagangan juga orang minang juga lihai menyaingi cina.

    BalasHapus
  8. setau ku marga tanjung di daerah Sumatera Utara berasal dari suku tanjung yang ada di Sumatera Barat, mereka menyebar ke daerah sekitar dan merantau kemana saja, maka dari itu banyak pula orang minang yang menyebar di mana saja, bahkan di malaysia tepatnya di kota serembang malaysia 50 persen penduduk disana adalah orang minang. jadi jangan ngamuk ya, dan juga banyak orang penting diindonesia ini keturunan minang, dan soal perdagangan juga orang minang juga lihai menyaingi cina.

    BalasHapus