Kamis, 16 Juni 2011

CHAIRUL TANJUNG

CHAIRUL TANJUNG
Lahir Jakarta, 18 Juni 1962.
Lelaki keluarga Minang ini adalah
salah satu dari 7 org terkaya di dunia
yg berasal dari Indonesia.
Pemilik dan Pemegang Saham
Carrefour, TransTV, Trans7, Bank Mega, MegaLife,
Bandung SuperMall (sempat disebut Mall terluas di Asia Tenggara),
Trans Studio Bandung (Indoor Theme Park terbesar di Dunia),
Taman Wisata Terbesar di Indonesia bag Timur (dgn JK).
Bisa menambahkan info detilnya?

103 komentar:

  1. Chairul Tanjung Anak Singkong berkisah tentang perjalanan hidup Chairul Tanjung hingga mencapai sukses seperti saat ini. Perjalanan hidupnya cukup membuat orang lain termotivasi untuk tidak gampang menyerah.
    Chairul Tanjung yang kemudian disebut dengan CT, lahir dari pasangan Abdul Ghaffar Tanjung dan Halimah. Ayahnya berdarah Batak sedangkan ibunya seorang sunda. Ayahnya memiliki usaha percetakan yang kemudian dihentikan operasinya pada era presiden Soeharto sebab prinsipnya tidak sejalan dengan pemerintahan kala itu. Dari hal tersebut, kesulitan demi kesulitan dialami oleh keluarga CT. Rumah dijual, kemudian menyewa dan karena tidak kuat membayar sewa rumah, CT dan keluarganya terpaksa tinggal di kawasan kumuh Jakarta, Gang Abu, Batutulis kecamatan Gambir.
    Keadaan yang serba kesusahan tidak membuat kedua orang tua CT mengabaikan pendidikan anak-anaknya. Menurut mereka pendidikan setinggi-tingginya akan mengantar kepada kehidupan yang lebih baik. CT sendiri selepas SMA melanjutkan ke perguruan tinggi negeri yakni FKG UI dengan pertimbangan biaya yang lebih ringan daripada universitas swasta. Biaya untuk mengawali kuliah diperoleh dari uang penjualan kain halus milik ibunya. CT cukup mengagumi sosok seorang ibu. Menurutnya seseorang yang mau menghormati dan memuliakan ibunya akan mendapat dua surga, yakni di dunia dan kelak di akhirat.
    Di kampus CT berusaha untuk tidak menjadi beban kedua orang tuanya. Ia mulai berwirausaha dengan menjual fotokopi diktat kuliah. Usaha tersebut menghasilkan pendapatan yang lumayan. Bisnis CT tidak hanya itu, ia juga melakukan jual beli alat kedokteran hingga jual beli mobil bekas. Di tahun 1987 CT bisa mendirikan perusahaan.
    Pada tahun 1994 CT menikah dengan adik kelasnya di FKG-UI. Istrinya Anita Ratnasari adalah seorang keturunan jawa. Dari pernikahan tersebut mereka dikaruniai dua orang anak, putra dan putri. CT menyukai istrinya karena ketegasan dan ketegarannya, bahkan ia menyebut bahwa seorang istri adalah pilar rumah tangga.
    CT sukses di banyak usaha, di antaranya: Para Group, kemudian mengganti nama perusahaannya menjadi CT Corp. Secara umum CT Corp terdiri atas tiga perusahaan subholding yaitu Mega Corp, Trans Corp, dan CT Global Resources.Mega Corp adalah perusahaan induk untuk jasa keuangan yang melayani masyarakat di sektor perbankan, asuransi, pembiayaan, dan pasar modal. Trans Corp adalah perusahaan induk yang bergerak di bisnis media, gaya hidup, dan hiburan. Dalam perusahaan ini, terdapat dua stasiun TV, yaitu Trans TV dan Trans 7, portal berita Detik, dan perusahaan ritel Careefour. Selain itu juga ada perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan minuman, hotel, biro perjalanan, dan sejumlah department store yang menyediakan kebutuhan fashion merek terkenal dan high-end.
    Perjalanan sukses CT membuktikan bahwa kesuksesan dalam berwirausaha bukan sebab keturunan, akan tetapi hasil dari kerja keras yang tak mengenal menyerah.

    Sumber: http://id.shvoong.com/books/biography/2302850-chairul-tanjung-anak-singkong/#ixzz26nmhsrOj

    BalasHapus
  2. berani-beraninya kau minang pantek bilang chairul tanjung minang bau pantek..baca buku biografinya .dia itu batak sibolga..ga tau malu kau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Darimana pun asal bapak CT . Kita harus berbangga terhadap beliau. Karna beliau org sangat berintegritas. Dan beliau sangat tanggung jawab atas jabatan nya mentri ekonomi .. tdk musti kita saling berbangga dengan suku lain. Nyatanya setiap suku di indonesia ini selalu ada perwakilan terhadap pengaruh di negara ini..

      Hapus
    2. apid aja_jaga lah etitut anda,, jgan lah anda mencaci suatu suku atau ras, belumtentu anda lebih baik dari apa2 yg ada lontar kan,, nampak kan kalau anda adalah orang yg berkualitas,,

      Hapus
    3. Apit aja, hati2 kau ngomong laek

      Hapus
    4. Oi anjiang kurok,jan mangango se ang kalau mngecek ndak...

      Hapus
    5. Apid aja...kalau kau laki2,dmna kau tinggal nya,tlg kau buat alamat kau dsini dgn lngkap,biar aku turut kau kesana syetan,kau bilang minang ini pantek,apakah kau sdah siap aku pantekin mulut kau tu a,kau laki2 kn,coba kau tulis alamat lngkap kau dsini biar aku turut kau kesana,aku yg mmlki suku tanjung dr minang ingin bertemu lngsung sama kau apid aja....

      Hapus
    6. Hati2 anak muda. Kena gasing tengkorak kau nanti. Dari nama bisa di lalui

      Hapus
    7. Apa emang orang batak seperti ini semua?

      Hapus
    8. Goblok. Kalau udah kaya semua dari daerah lu . Untungnya buat lu apa begok mau menjilat ambil muka hahaha kasihan itu lu permasalahin. Coba lu akui si pengemis saudara lu baru lu manusia oon

      Hapus
    9. Maksud kau apa bujang inam sebut minang ptk. Jangan rasis la kau wajah petak

      Hapus
    10. Oi batak babi.. Emang suku tanjung di sibolga muslim ya. Setahu saya disana Kristen..

      Hapus
    11. Kaw memalukan org batak sok jago kw anjink tak pantas bhs kw batak rendahan klo kw pintar budaya tanjung itu suku dari ibu darah minang bnyk2 baca buku budaya kw anjink jgn koar koar sok jago macam preman sampah kw...jgn kaw coba2 rusak sukusuku leluhur apa lg rasis binatang kw.

      Hapus
    12. Maaf, anda menasehati orang untuk tidak berbahasa kasar tapi bahasa anda sendiri juga kasar. Jadi apa bedanya anda sama orang yang ada nasehati dan anda bilang " batak rendahan".
      lagi pula, kalau kamu orang minang, saya yakin kalau kamu tahu bahwa suku dalam adat minang di turunkan oleh ibu. Nah ini, ibunya pak CT aja orang sunda. Apakah pak CT itu orang minang yang suku "TANJUNG" nya di turunkan dari ibu yang merupakan seorang wanita sunda?
      lucu sekali andaπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    13. Suku Tanjung merupakan bagian dari Lareh Koto Piliang yang disusun oleh Datuk Ketumanggungan. Menurut tambo adat Minangkabau, Suku Tanjung berasal dari Luhak Nan Tigo dan merupakan salah satu suku yang terbesar di Minangkabau.[1] Suku ini kemudian menyebar ke wilayah rantau dan pesisir. Di pesisir barat, banyak orang-orang yang bersuku Tanjung yang menggunakan nama suku di belakang namanya. Hal ini berlaku di wilayah pesisir barat Sumatra dari Barus, Sibolga, Sorkam, Natal, Air Bangis, Tiku, Pariaman, Padang, Painan, dan Bengkulu, serta di Pulau Nias. Penambahan nama suku di belakang namanya bertujuan untuk menunjukkan identitas diri di tengah masyarakat pesisir yang majemuk. Di pesisir barat Sumatra Utara yang tidak lagi mengikuti adat matrilineal, penambahan suku di belakang nama ini sebagian besar sudah mengikuti garis keturunan ayah atau patrilineal.

      Hapus
    14. eh anda jngn berkata kasar begitu dong,buktinya aja pak ct bnyk berinvestasi diminang,kalau elu nggak percaya dateng kesini bnyk gedung2 dipadang itu semuanya punya pak ct

      Hapus
    15. baik" aja kaw ngomong,kami orang minang

      Hapus
  3. klo ada yg ragu siapa CT, tanya aja sma karyawan CTcorp(PARAgroup) mereka tau, krn salah satu Branch Manager nya Para kebetulan orang batak yg bilang sama saya klo CT orang minang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah tanjung juga ada marga mandailing
      La wong dibukunya saja mengakui dia orang batak kok anda mengklaim gitu

      Hapus
    2. Wah tanjung juga ada marga mandailing
      La wong dibukunya saja mengakui dia orang batak kok anda mengklaim gitu

      Hapus
    3. Cari Tau aja asal usul Dari marga tanjung tu dari Mana asalnya raka lubis

      Hapus
    4. Cari Tau aja asal usul Dari marga tanjung tu dari Mana asalnya raka lubis

      Hapus
    5. Cari Tau aja asal usul Dari marga tanjung tu dari Mana asalnya raka lubis

      Hapus
    6. Cari Tau aja asal usul Dari marga tanjung tu dari Mana asalnya raka lubis

      Hapus
    7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  4. Broo, Kalau dibukunya aja dia sudah mengaku keturunan Batak, kenapa anda memaksakan diri, itukan pengakuan dia sendiri. Parah loh. Nanti kau sebut lagi Jend. Faisal Tanjung dan Ir. Akbar Tanjung orang minang lagi, hahahahahah

    BalasHapus
  5. TANJUNG, itulah nama belakangku. Aku tidak tahu arti dari nama itu. Tapi yang kutahu banyak orang hebat di Negara ini yang memiliki nama Tanjung seperti Akbar Tanjung mantan ketua DPR RI periode 1999-2001, Chairul Tanjung (Si Anak Singkong) sang pemilik Trans Corp, dan banyak lagi yang lainnya. Saat dulu aku tanya ke ibuku asal dari nama Tanjung yang ada di namaku. Ibuku bilang kalau itu adalah nama suku dari Ibuku. Ibuku berasal dari suku Tanjung di Minangkabau Padang Pariaman Sumatera Barat. Sedangkan asal usul suku Tanjung menurut ibuku adalah suku yang berasal dari daerah Bukittinggi di Sumatera Barat yang merantau hingga tiba di Padang Pariaman. Tapi karena rasa keingintahuanku tentang suku tersebut. Akhirnya aku berselancar di dunia maya untuk mengetahui lebih rinci tentang suku ini. Dan aku mendapatkan beberapa teori.
    Teori yang pertama menyebutkan jika suku Tanjung adalah sebuah suku dari Marga Batak di sumatera utara. Atau yang biasa disebut marga Tanjung. Marga dari Akbar Tanjung dan Chairul Tanjung. Tapi banyak yg berpendapat jika tidak ada hubungannya antara Suku Tanjung di Minangkabau dengan Marga Tanjung di Marga Batak. Tapi menurut peneliti perlu penelitian lebih mendalam tentang keterkaitan tersebut.
    Teori yang kedua menyebutkan jika suku Tanjung adalah suku nelayan di daerah minangkabau yang hidup di ujung-ujung dataran yang menjorok ke laut atau yang biasa disebut Tanjung. Jadi mereka ini sebenarnya adalah orang pesisir atau orang laut, bukan orang pedalaman. Awalnya kehidupan mereka sangat bergantung pada laut. Tapi seiring berjalannya waktu mereka mulai meninggalkan pesisir dan mulai memasuki pedalaman dan menyebar ke seluruh wilayah Sumatera Barat, Riau, Jambi, Bengkulu, dan seperti kebanyakan orang minang mereka juga menyebar keseluruh daerah di Indonesia dari Aceh sampai Merauke. Ini bukan Cuma ungkapan karena saudara ibu saya ada yang sekarang tinggal di Merauke. Suatu kehormatan bagi saya bisa menyadang nama ini karena di keluarga saya Cuma saya yang membawa Tanjung dalam nama saya. Dan karena Syeikh Muhammad Amrullah Tuanku Abdullah Saleh, kakek dari Buya Hamka Sang Sastrawa hebat asal Minang juga berasal dari suku Tanjung. Dan suatu kehormatan bagi saya bisa memperkenalkan asal usul saya kepada kalian semua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg saya tau juga begitu. Ada Tanjung dari Minang dan ada juga dari Batak. Tanjung yg Batak termasuk Borbor. Bang Akbar Tanjung pernah menyampaikan itu di hadapan kami. Pasaribu, Matondang dll. termasuk Borbor juga. Tks.

      Hapus
    2. Saya juga tanjung,, di kampung saya ada tugu marga tanjung yg sejak lama sudah ada yg tidak tercatat oleh tahun,, tanjung itu bukan satu,, ada tanjung natoras, ada tanjung paimbarani dan tanjung sibtakko horbo,, cuman sekarang itu hanya di sebut tanjung saja,, kalau saya tanyak dari kakek2 saya katanya tanjung minang itu keturunan keturunan dari salah satu putra tanjung yg merantau kesana dan menikah disana,, tp sayang dia tidak punya anak laki2,, dia cuma punya 3 putri,, jadi karna dia tidak ingin hilang ketrunan dia tanjung disitu maka dia minta siapa saja yg menikahi putrinya maka marga harus diambil dari putrinya yaitu tanjung,, jadi kalau diambil dari tarombo atau silsilah,, tanjung padang itu adalah anak boru dari marga tanjung batak,, bukan iboto lagi atau appara,,,

      Hapus
  6. baca ya bodat ! tanjung bukan cuma marga, disini juga ada suku !!!

    BalasHapus
  7. setau ku marga tanjung di daerah Sumatera Utara berasal dari suku tanjung yang ada di Sumatera Barat, mereka menyebar ke daerah sekitar dan merantau kemana saja, maka dari itu banyak pula orang minang yang menyebar di mana saja, bahkan di malaysia tepatnya di kota serembang malaysia 50 persen penduduk disana adalah orang minang. jadi jangan ngamuk ya, dan juga banyak orang penting diindonesia ini keturunan minang, dan soal perdagangan juga orang minang juga lihai menyaingi cina.

    BalasHapus
  8. setau ku marga tanjung di daerah Sumatera Utara berasal dari suku tanjung yang ada di Sumatera Barat, mereka menyebar ke daerah sekitar dan merantau kemana saja, maka dari itu banyak pula orang minang yang menyebar di mana saja, bahkan di malaysia tepatnya di kota serembang malaysia 50 persen penduduk disana adalah orang minang. jadi jangan ngamuk ya, dan juga banyak orang penting diindonesia ini keturunan minang, dan soal perdagangan juga orang minang juga lihai menyaingi cina.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak baca banyak ilmu bro, jaman sekarang sudah canggih tanya Google, Akbar Tanjung loe kata orang minang juga.....

      Hapus
  9. Kau ngomong gak adap mu atau adat mu .
    Malu kali macan gak didik kau , percuma orang tua kau ngelahirin kau, punya agama kau kan..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. anda jangan bawa2 nama agama dong itu nanti urusan sama tuhan maulu masuk neraka selamanya

      Hapus
    2. anda jangan bawa2 nama agama dong itu nanti urusan sama tuhan maulu masuk neraka selamanya

      Hapus
  10. Hahaha, Minang longor bikin blogger akibat banyak menghayal Chairul Tanjung loe kata orang minang, Akbar Tanjung juga loe kata orang minang, Surya Paloh juga loe kata orang Minang, Barack Obama sekalian loe akuin bapak loe...Dasar muka badak yang bikin blogger ini gak tahu malu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oi safriadi ibn,kau bilang minang itu longor,mulut kau sama lebar nya dengan pantat kau ya,kau trnyata jg trlahir dr dhubur emak kau ya,sama dengan apid aja,anjiang kurok kalian tau ndak...kau tlh mnghina ras suku minang,kalau kau emg jntan dimana kau tunggu aku a,jgn dsni saja kau brani ngmong klu minang itu longor...aku tunggu jawabn kau ya safriadi kurok...

      Hapus
    2. Mantap bg.. urng minang di patelean nyo.. sakik hati se wak mancaliak urng komen nyo

      Hapus
  11. Hmm kalau minang marga kan dari ibu. Ini chairul tanjung ibunya orang sunda, gimana cara ya orang minang punya ibu orang sunda ?.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Super sekali komentarnya

      Hapus
    2. Jawaban yang paling masuk akal...����
      ngapain di perdebatkan...
      jawabannyakan udah jelas.
      kalau misalnya di adat batak, marga itu dibawa dan di turunkan melalui anak laki laki ke keturunan berikutnya.
      nah, kalau suku minang yang membawa dan menurunkan suku adalah anak perempuan.
      Udah jelas kalau ibu dari pak CT itu orang sunda. Jadi udah jelas kalau ga mungkin ibunya yang menurunkan suku tanjung ke pak CT. Berarti pak CT mendapat marga tanjung dari ayahnya yang juga bermarga tanjung.

      Hapus
  12. Jgn memaksakan Kehendak Admin.
    Ct sendiri udah mengaku dia batak.
    Saya Orang sibolga saya tegaskan dsini.
    Tanjung adalah suku asli batak yang sebagian keturunan ya merantau ke ranah minang.
    Bukti nyata adalah suku minang sendiri mengatakan tanjung bukan lah rumpun minangkabau dan tidak ada pada silsilah orang minang.
    Jadi jgn mengada-ada bos.
    Tahun 2014 ct pulang kampung ke sibolga.
    Disambut dengan Upa-upa adat batak.
    Membantu pembangunan mesjid agung sibolga dengan memberikan dana 1 miliar rupiah langsung dari kantong pribadi beliau.
    Haya sedikit org minang di sibolga ,semuanya adalah orang batak.
    Yg ada dsini persaudaraan keluarga tanah agam.
    Sibolga adalah kampungnya org Batak Muslim

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keturunan batak kan aslinya Kristen
      Yang muslim tu aslinya minang

      Hapus
  13. berdasarkan sumber wikipedia asli Sibolga. Ini kok bisa berbeda yah?

    Ninggalin jejak yah kali aja ada updatenya
    vivici

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Ct itu suku batak dari sibolga kampret..minak laknat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahhaha... so typical of fucking Bataknese... keras ke sesama indo saja.. kalau ketemu ama yg beda rupa, eg. China lsg nunduk.. keok.. Keras boleh laeee.. bukan berarti kau harus kasar laeee.. ingat.. medan maju bukan karena batak.. tapi CHINA. Hahahahahhahahaha laeee.. laeeeee... U people are just NOTHING!!!! Wkwkwkkwkwkwk!!!,🀣🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    2. Maaf, ini komentar DilaV pengen menasehati supaya tidak kasar. Tapi kok komentarnya kasar juga yah?
      Aku ga ngerti nih, masa menasehati orang lain tapi diri sendiri juga kayak gitu. Maaf nih, tapi sebelum menasehati orang lain, pikirin dulu yah kamu kasae juga nggak?
      sekali lagi maaf, aku bukan melarang kamu menasehati orang yang salah. Tapi tolong perilakunya juga jangan menunjukkan hal yang salah juga.

      Hapus
    3. S dilav info dr mana ya? LoL. Jarang main kek nya

      Hapus
  17. sumber referensi primer nya lemah. mending hapus aja ini posting....malu malu in aja nih!!

    BalasHapus
  18. Yang jelas saya bangga sebagai orang Tanjung. Terserahlah aslinya Tanjung dari mana, tidak perlu dipolemikkan, telusuri saja dengan kajian ilmiah, karena justru akan mengurangi nilai2 pribadi kita sendiri. Yang pasti Saya senang ada Tanjung di Sumbar dan Sumut, mungkin juga suku di daerah lain. Yang jelas kami umumnya ada dalam persaudaraan Islam. Karena setahu saya, tanpa mengurangi arti umat lain, orang Tanjung umumnya Islam. Dan kita semua keturunan Adam dan hawa. Terima kasih atas perhatiannya semua terhadap orang Tanjung.

    BalasHapus
  19. Yang jelas saya bangga sebagai orang Tanjung. Terserahlah aslinya Tanjung dari mana, tidak perlu dipolemikkan, telusuri saja dengan kajian ilmiah, karena justru akan mengurangi nilai2 pribadi kita sendiri. Yang pasti Saya senang ada Tanjung di Sumbar dan Sumut, mungkin juga suku di daerah lain. Yang jelas kami umumnya ada dalam persaudaraan Islam. Karena setahu saya, tanpa mengurangi arti umat lain, orang Tanjung umumnya Islam. Dan kita semua keturunan Adam dan hawa. Terima kasih atas perhatiannya semua terhadap orang Tanjung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yo bacakak lo kalian dekk suku laii. Lain punya suku kalian ndk
      Lain tau adat babah aso dk kalian ndkkk

      Hapus
  20. Ass mohon maaf saya ingin menjelaskan apa yg tidak di bukukan dengan cara lain supaya ingin membuktikan apa yg terjadi dengan nama tanjung. Saya telah berinteraksi langsung dengan sesepuh yg ada di minang dan pun yg di sumut .teryata dan teryata satu sama lain menjawab kami ini orang minang yg merantau ke sumut .dan juga keberbagai tempat.kata dari sesepuh yg masuk kebadan partisipan . dia juga berkata dan di sanalah kami mempunyai keturunan yg ada bermarga tanjung.dan ada juga kehilangan suku tanjung nya di karenakan berbeda ibu .dia juga menyebutkan terakhir kali nya mau di mana pun garis keturanan tanjung berada kalian itu adalah garis keturunan asli orang minang walaupun anda tidak tau mena u kesaksian yg sebenarnya "suku tanjung ". tanjung adalah perpecahan dari
    4 suku inti di minang yaitu koto ,piliang ,caniago dan bodi disanalah muasalnya dan terjadilah suatu turunan suku yg berbeda .kalian harus ingat itu.dan juga jangan lah anda bersalah paham dan berkalahi karena ini .kita adalah sama ciptaan yg di atas .( kata dari sesepuh ) itu teman teman sudah dengar langsung kan apa yg di katakan sesepuh itu .magkanya jangan cuman baca aja coba cari dengan cara lain seperti saya langsung mencoba dengan cara spritual (gaib) .sekian terima kasih dan juga mohon maaf bila terucapkan kata yg tidak berkenan atau pun membuat kita terpecah saya mohon maaf sebesar besar nya wassalam mualaikum .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayanya susah bang di satukan. Minang dari Ibu.. Pasti keras nama keluarga ibu nya harus d trunkan ke anak. Batak pun pasti demikian, pasti keras. Marga nama keluarga ayahnya harus diturunkan ke anak laki2nya.

      Andaikata dari minang merantau ke sumut, Apa iya si suami ikhlas dan rela anak²nya mewarisi marga dari ibu nya?

      Dengan resiko dia mengalami, sanksi sosial dari keluarga, tetua, dan kerabat satu marga nya?


      Karena dampak sanksi sosial nya pasti berdampak besar banget. Bahkan akan menjadi bahan cerita sejarah... Karena di batak itu Marga sangat penting.

      Hapus
  21. Ass mohon maaf saya ingin menjelaskan apa yg tidak di bukukan dengan cara lain supaya ingin membuktikan apa yg terjadi dengan nama tanjung. Saya telah berinteraksi langsung dengan sesepuh yg ada di minang dan pun yg di sumut .teryata dan teryata satu sama lain menjawab kami ini orang minang yg merantau ke sumut .dan juga keberbagai tempat.kata dari sesepuh yg masuk kebadan partisipan . dia juga berkata dan di sanalah kami mempunyai keturunan yg ada bermarga tanjung.dan ada juga kehilangan suku tanjung nya di karenakan berbeda ibu .dia juga menyebutkan terakhir kali nya mau di mana pun garis keturanan tanjung berada kalian itu adalah garis keturunan asli orang minang walaupun anda tidak tau mena u kesaksian yg sebenarnya "suku tanjung ". tanjung adalah perpecahan dari
    4 suku inti di minang yaitu koto ,piliang ,caniago dan bodi disanalah muasalnya dan terjadilah suatu turunan suku yg berbeda .kalian harus ingat itu.dan juga jangan lah anda bersalah paham dan berkalahi karena ini .kita adalah sama ciptaan yg di atas .( kata dari sesepuh ) itu teman teman sudah dengar langsung kan apa yg di katakan sesepuh itu .magkanya jangan cuman baca aja coba cari dengan cara lain seperti saya langsung mencoba dengan cara spritual (gaib) .sekian terima kasih dan juga mohon maaf bila terucapkan kata yg tidak berkenan atau pun membuat kita terpecah saya mohon maaf sebesar besar nya wassalam mualaikum .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap sanak apa suku sanakk

      Hapus

    2. Kayanya susah bang di satukan. Minang dari Ibu.. Pasti keras nama keluarga ibu nya harus d trunkan ke anak. Batak pun pasti demikian, pasti keras. Marga nama keluarga ayahnya harus diturunkan ke anak laki2nya.

      Andaikata dari minang merantau ke sumut, Apa iya si suami ikhlas dan rela anak²nya mewarisi marga dari ibu nya?

      Dengan resiko dia mengalami, sanksi sosial dari keluarga, tetua, dan kerabat satu marga nya?


      Karena dampak sanksi sosial nya pasti berdampak besar banget. Bahkan akan menjadi bahan cerita sejarah... Karena di batak itu Marga sangat penting.

      Hapus
  22. Nama Belakang juga Tanjung ya apakah karena dari ayah atau dari ibu tolong informasinya gan trims ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bettul...Keturunan minang itu ada namanya pakai Suku Tanjung dari ibunya atau bapaknya atau dari kakeknya biasanya orang tuanya pergi merantau kedaerah lain biar orang tahu Minangnya...Paham ya.

      Hapus
    2. Bettul...Keturunan minang itu ada namanya pakai Suku Tanjung dari ibunya atau bapaknya atau dari kakeknya biasanya orang tuanya pergi merantau kedaerah lain biar orang tahu Minangnya...Paham ya.

      Hapus
  23. Menurut dr berbagai sumber..sebutan yg kasih nama suku batak dr para misionaris jerman,belanda untuk suku d pedalaman tapanuli..angkola,mandailing,karo bukan,tidak merasa suku batak..cuman klaim sepihak..suku tanjung asal muasal ny dr minang kabau yg sudah turun temurun tgl d sumut,yg sudah berubah jadi patrilineal/patriakat..tpi berasal dr suku manapun yg penting kita bersaudara,menambah kebudayaan kekayaan ke arif an lokal,bhineka tunggal ika..#indonesia ku damai..

    BalasHapus
  24. Menurut dr berbagai sumber..sebutan yg kasih nama suku batak dr para misionaris jerman,belanda untuk suku d pedalaman tapanuli..angkola,mandailing,karo bukan,tidak merasa suku batak..cuman klaim sepihak..suku tanjung asal muasal ny dr minang kabau yg sudah turun temurun tgl d sumut,yg sudah berubah jadi patrilineal/patriakat..tpi berasal dr suku manapun yg penting kita bersaudara,menambah kebudayaan kekayaan ke arif an lokal,bhineka tunggal ika..#indonesia ku damai..

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. Sebenarnya suku tanjung yang ada di minang bukan suku asli di minang tapi suku yang ada di pesisir pantai dan menuju kepeedalaman,karna nenek moyang orng tanjung berlayar dilaut dan terdampar di daratan minang.

    BalasHapus
  27. Begini saudara saudara , suku di minang diambil dari jalur ibu , marga di batak diambil dari jalur bapak ,pertanyaan nya Faisal Tanjung itu suku apa , sangat mudah menjawab nya , kalau menurut suku minang jalur ibu berarti Faisal Tanjung suku sunda karena ibu nya dari jawa barat , sementara Faisal Tanjung ambil marga bapaknya Abdul Ghaffar Tanjung , jadi murni 100persen orang batak , wassalam

    BalasHapus
  28. Kalau menurut saudara saudara Faisal Tanjung orang minang itu salah besar , karena yang punya marga tanjung adalah bapak nya Abdul Ghaffar tanjung ,jangan lupa suku minang jalur ibu, wassalam

    BalasHapus
  29. Dalam klan suku kerajaan pagaruyung bahwa Suku mandailing berkerabat dg suku raja kerajaan pagaruyung yaitu suku malayu, suku bendang dan suku panai.. hanya 5 suku inilah suku raja minangkabau..
    Dan suku rakyat minang diantaranya chaniago koto guci tanjung dll suku ini sdh ada diera zaman hindu budha
    Suku2 yg ada ditapanuli yaitu pulungan lubis nasution batubara dmn 3 diantara msh suku baru dmn suku2 anak raja pagaruyung yaitu raja pulungan asal ulakan pariaman,kesultanan batubara berasal dari kedatuan penghulu pagaruyung, nasution dari rajo nan sati anak dr raja pagaruyung...

    BalasHapus
  30. Menurut saya marga tanjung yg ada diminang dan ditapanuli hanyalah org yg sama ya knp krna era hindu budha marga tanjung mengikuti marga matrilineal dipedalaman minang lalu mereka merantau kepesisir karna berkembangnya islam dikesultanan barus maka adat mrk berubah menjadi patrilineal

    BalasHapus
  31. Sebener nya suku tanjung itu dari minang bukan batak karena orang tua nya merantau ke silboga jdi netap disana.mana ada suku batak yg tanjung cuma dari minang lah suku tanjung itu saudara saudara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suku ya? Nah kalau CT ini marga Tanjung seperti di biografi nya.
      Nah marga ini yang dimana diturunkan dari ayah dan diteruskan anak laki2nya adalah budaya batak

      Hapus
  32. Ngk ada gunanya menghina suku.. kalau si CT ini bilang doi orang batak.. ya bodo amat, toh ngk akan menaikkan GDP indonesia. Bukannya orang minang juga banyak yg sukses besar baik di luar atwpun dalam negeri. Ya udah lah... kalau ada yg menghina, berarti mentality suku nya ya seprti itu, mentality sampah dan rendahan. Lagian di negara +62 ini, fakta berbicara, kelompok etnis tertentu akan tidak disenangi kalau memang lebih baik dalam byk hal. Contohnya, etnis tionghoa, dibenci karena kebanyakan pebisnis sukses, minang tidak disukai karena banyak yg jadi pedagang sukses. Kami minang memang keras karena berprinsip, bukan berarti kami kasar teriak2 ngk jelas trus ketemu ama yg lebih superior lsg keok, nunduk jadi YES PERSON. Wkwkwkkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Goblok, jadi orang sukses itu nggak harus jadi pedagang, orang sukses itu kalo bisa disemua bidang seperti orang batak

      Justru orang minang lebih barbar daripada batak, batak itu hanya keras kalo ngomong, sementara orang minang keras hati & barbar tapi sok suci

      Hapus
  33. Ibarat malaysia mengklaim kain ulos dan tortor milik mereka, begitu juga dengan minang yg mengklaim tanjung berasal dari mereka, nama bisa sama tapi belum tentu serupa, aku marga hasibuan sampai kapanpun gak mau aku dibilang minang walaupun udah 4 generasi di padang

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah rendang juga diklaim sm malaysia kok, emangya cuma ulos sm tari tortor apa yg diklaim sm negeri jiran, makannya jadi org jngn Gaptek dong

      Hapus
    2. lah rendang juga diklaim sm malaysia kok, emangya cuma ulos sm tari tortor apa yg diklaim sm negeri jiran, makannya jadi org jngn Gaptek dong

      Hapus
    3. lah rendang juga diklaim sm malaysia kok, emangya cuma ulos sm tari tortor apa yg diklaim sm negeri jiran, makannya jadi org jngn Gaptek dong

      Hapus
    4. lah rendang juga diklaim sm malaysia kok, emangya cuma ulos sm tari tortor apa yg diklaim sm negeri jiran, makannya jadi org jngn Gaptek dong

      Hapus
  34. Biasanya minang ngambil garis keturunan dr ibu contoh bpknya chaniago ibunya jambak jd anknya jd jambak sementra ct ibunya sunda bapaknya tanjung tp ct punya marga tanjung yg punya marga kn cuma batak dn nias jd aneh jg ya kalau ct jadi minang gk nyambung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kan ayah nya posisi ny mrantau terus istriny org Sunda ya garis ny dari ayah ny lah kan yang pakai marga orang Padang dr ayah ny kan Sunda GK ada marga

      Hapus
  35. Mau tanjung Batak atau Minang ambil pelajaran yg baik aja boy,masalah ini pun di ributkan dasar otak dangkal

    BalasHapus
  36. Mau tanjung Batak atau Minang,ambil positif nya bro,masalah ini di ributkan,dasar otak dangkal

    BalasHapus
  37. Nama saya :Hendra Julian Tanjung,
    Bapak saya :M.A Tanjung
    Papa Bpk saya :Alimtaruddin Tanjung

    BalasHapus
  38. Kwkwwk.. Mantap kale baca komentar d atas.. Ribut Batak - Minang lah.. Tiba2 d input China lah.

    Oiya FYI Batak itu ada sub suku : Pakpak, Karo, Toba, Mandailing, Simalungun Angkola.

    Dan tidak semua org batak menganut nasrani.. Muslim jg banyak.

    Org Batak sendiri sbnrnya sudah percampuran berbagai etnis kyanya dr asia tengah/timur sana ; China, India, Mongolia, dll...

    Dan sepertinya ya, Minang pun demikian kayanya.


    Jadi nenek moyang kita itu kalau mau di tarik jauh ke belakang bkn berasal dr pulau Sumatera ini kok.


    Cuma karena kita sudah menempati pulau Sumatera ini dan sudah banyak pernikahan dan percampuran budaya, terlahir lah budaya baru.


    Seperti saya yang bermarga lingga(batak pakpak)
    Ada saja yg tdak menerima kalau pakpak itu bkn batak, tp berasal dari kesultanan lingga di gayo dan bangka sana.


    Yahh tp buyutku sudah di tanah pakpak dari lama dan juga bangsa asing menyebut orang² di sumatra utara ini menjadi batak (batech). Sehingga sudah menjadi branding, toh pakpak-karo-toba-mandailing-angkola-simalungun memiliki kesamaan sistem marga, budaya, dll.


    Saya sih merasa saya adalah orang batak.
    Toh kami dasar nya pun dari nenek moyang yang berbeda masing².


    Nah di luar CT entah Minang/Batak.
    Entah nenek moyang nya sbnrnya dari minang kek dr batak kek.
    Selagi dia berasal dari tanah batak dan menggunakan sistem budaya batak .


    Artinya beliau saya rasa orang batak sih.



    Tapi walaupun beliau org batak dan saya org batak.. Tak ada untungnya jg.
    Hanya merasa bangga sekejap saja ada org besar dr suku pribadi.


    Nah toh Minang - Batak itu tetanggaan.
    Potensi keterlibatan dan percampuran pasti ada saja.

    Gak ada yang tahu juga tanjung itu sebenarnya darimana. Jangan² beda sendiri nenek moyang nya dari Yunani sana sbnrnya, merantau ke sumatra. Who knows.


    Tapi disamping mencari fakta dan informasi jangan saling menghina/mencaci lah.. Toh orang² sumatra itu masih serumpun lho.


    Jangan jadi saling menebar kebencian kita karena perkara kesuksesan org lain.


    Mau CT Batak/Minang gak di kasih saham TC kok kamu. Gak jadi d jodohin sama Putri Tanjung jg.


    BalasHapus
  39. Kok jadi perdebattan sih hahaha...tau sendiri orang awak suka wari wari...kesana kemari...Marga/Suku Tanjung...tetap asal muasalnya dari minang... Karena garis kuturunan yg panjang ini...dan dah pada menetap di masing masing tempat...tentunya seiring waktu mengikutti peradattan di wilayah tersebut...seperti di sibolga ini... Pak CT... kalo menggikuti peradattan dia orang Batak...Tapi kalo mengikutti sejarah yg lebih jauh dia juga berdarah minang... ngk ada yg salah...kok... Kalo di dalammi mungkin gue orang persia...hahaha...atau pakistan... Tapi yg jelas gue orang indonesia terlepas dari suku apapun itu....

    BalasHapus
  40. Marga tanjung di pesisir barat Sumut, dan suku tanjung si pesisir barat Sumbar punya kedekatan sejarah, dg asal usul yang sama! Dan berasal dari tanah Minangkabau,, sisinga Manggarai itu bukan orang Batak tetapi orang minang ! Makanya kalau ada yg protes baca sejarah moyang mu !

    BalasHapus
  41. Saya marga tanjung batak muslim saya berasal dari kec.habinsaran parsoburan...

    BalasHapus
  42. Pak CT bilang sama orang kepercayaannya pak Doni,supaya pulang ke kampung,karena kebiasaan orang Minangkabau itu bila sudah sukses jarang mau pulang kampung.Pak CT mrngutamakan membangun trans Carrefour di Padang di bandingkan daerah lain di pulau Sumatera.
    Kalau. Rliau orang Batak kenapa beliau ngak mengutamakan Medan,toh Medan ibu kota terbesar ke 3 di republik ini.
    Coba lihat diskusi CT ketika kuliah umum mahasiswa Unand tahun 2017.

    BalasHapus
  43. Suku tanjung yang di Sibolga, berasal dari suku pesisir,
    Siapa suku pesisir. Boleh cek di Wikipedia, suku pesisir adalah orang Minangkabau yang mendiami pesisir barat pantai Sumatera, dari Muko-muko Bengkulu sampai tapak tuan Aceh.

    Suku pesisir ini yang jadi penduduk asli Sibolga, bahasa pesisir ini yang di kenal dengan beko-beko, bahasa yg di dominasi bahasa Minang pesisir di tambah aksen Batak.

    Jadih coba anda pikirkan dengan ilmu dan data, dari mana asal suku tanjung di Sibolga.

    BalasHapus
  44. Kalian semua bodoh apa untung kalian ribut" disini yg kalian ributkan org kaya kan? Apa untung kalian tak akan dikasih nya duit sama org kaya itu. kasihan berdebat masalah tanjung klo kalian perlu duit datang saja biar saya yg kasih daripada ribut malu kita, kita ini sama INDONESIA walaupun suku berbeda" kita tetap satu INDONESIA

    BalasHapus
  45. Kalian semua bodoh apa untung kalian ribut" disini yg kalian ributkan org kaya kan? Apa untung kalian tak akan dikasih nya duit sama org kaya itu. kasihan berdebat masalah tanjung klo kalian perlu duit datang saja biar saya yg kasih daripada ribut malu kita, kita ini sama INDONESIA walaupun suku berbeda" kita tetap satu INDONESIA

    BalasHapus
  46. Sasuku den Jo apak CT mah,, salam anak rantau Adityawarman TanjungπŸ™

    BalasHapus
  47. Apa pentingnya dia org minang atau bukan? Ngk ngaruh jga!!! Yg penting satu dari 2 proklamator adalah org minang!!!πŸ‘ŒπŸ˜†

    BalasHapus
  48. Semua pada berdebat, yg jadi pertanyaan saya, apakah tanjung dibelakang nama chaiurul tanjung itu marga/suku...???atau nama kepanjangannya saja..??

    BalasHapus
  49. CT ANAK SEORANG WARTAWAN ERA ORLA BERNAMA AG. TANJUNG ORANG MANDAILING BERMARGA TANJUNG

    BalasHapus